Pages

Sabtu, 17 Oktober 2015

Pengertian bisnis & perkembangan di dunia TI

Abstraksi
            Bisnis merupakan suatu hal yang terjadi adanya transaksi dari penjual dan pembeli untuk mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi khususnya.Bisnis juga sebuah usaha agar memenuhi kebutuhan sehari-hari atau menambahkan pendapatan ekonomi. Banyak pelaku bisnis menjual barang dan jasa sebagai bahan utama untuk berbisnis. Berbisnis tidak harus memiliki skill sebagai ahli ekonomi,atau kuliah tentang bisnis,Simpelnya kita hanya menjual sesuatu yang kita inginkan dan mengambil keuntungan.


            Bisnis tidak hanya dilakukan di tempat atau di toko adapun bisnis lainnya yang merambah ke dunia Teknologi Informasi, Seperti e-commerce,startup,marketplace dll. Media TI dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mencari atau mendapatkan pembeli/client lewat sosial media seperti Twitter,Facebook,Instagram atau situs e-commerce dan marketplace lainnya. Dahulu bisnis di dunia TI hanya sebatas 2 pihak saja melibatkan penjual dan si pembeli namun sekarang ini perkembangan bisnis di TI cukup baik dengan menhadirkan 3 pihak sebagai perantara antara penjual dan pembeli agar transaksi aman yang dinamakan marketplace sebuah situs yang melayani menghubungkan penjual dan pembeli tanpa harus kehilangan uang akibat ditipu atau barang yang tidak sampai.

Pendahuluan
Kebutuhan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi menjadi dasar dimana masyarakat mulai berpikir untuk mendaur ulang uang agar tak habis sampai situ saja.Sebagai alternative mencari kebutuhan pokok,Masyarakat membuat sebuah bisnis entah itu bisnis sekala besar atau sekala kecil.Dalam dunia TI bisnis TI merupakan transaksi melalui elektronik,atau e-commerce,yang sangat cepat mudah dan aman. Kita tidak perlu lagi ke tempat untuk membeli barang misalnya barang sepatu bermerek ada di tempat lain,sehingga dengan bisnis kita dapat memesan kebutuhan apa yang kita inginkan dan tentunya dengan melihat reputasi si penjual.
Penulisan
Kajian Teori

Selain bisnis dengan transaksi uang bisnis juga memiliki nilai artistik , dimana tampilan web harus memiliki kesan menarik untuk mendatangkan pembeli.Akses yang mudah seperti di mobile ,desktop dan laptop.Contoh marketplace adalah tokopedia,bukalapak,eBay,Amazon.
Bentuk bisnis dapat digolongkan dengan 4 golongan seperti Perusahaan,Persekutuan,Perseroan,koperasi.
Perusahaan/personal merupakan bisnis yang dimiliki oleh satu orang.Pemilik perusahaan bertanggung jawab atas produk yang dijual seperti dia yang mengirim atau membuat produk jika masih personal.
Persekutuan dimana bisnis terjadi dua orang atau lebih bekerjasama membuat sebuah bisnis untuk mendapatkan keuntungan.Setiap orang bertanggung jawab atas produk yang mereka jual dan dapat dibagi ke tugas masing-masing pekerja.
Perseroan adalah bisnis yang dimiliki oleh beberapa orang dan dewan direktur.Setiap pemilik bertanggung jawab apa yang akan dijual.
Gambar diatas adalah salah satu contoh web marketplace , dimana kita bisa menjual produk dagangan kita atau kita dapat menjual. Kelebihan dari web marketplace adalah adanya pihak ke-3 sebagai pengaman transaksi kita dengan kata lain pembeli dilindungi oleh pihak ke-3 seperti pembayaran,kualitas barang dll.
    Teknologi yang berkembang saat ini adalah FJB(Forum Jual Beli) yang terkenal di kaskus.dimana kita sebagai penjual atau pembeli tidak disediakan pihak ke-3 namun itu optional dapat di pilih oleh sepihak agar deal menggunakan program-program buatan kaskus seperti kaspay dll
   Selain teknologi diatas , masyarakat/pelaku bisnis dapat melakukan promosi di berbagai media seperti facebook,twitter,instagram dan bbm guna mencari pembeli secara instan dan langsung, biasanya feedback positivenya teman kita akan merekomendasi produk kita ke teman-temannya sehingga kita bisa mendapat keuntungan dari hal itu.
    Apakah bisnis harus berupa barang secara fisik ? tidak juga , mari kita lihat contoh marketplace freelance, freelancer.com dimana kita dapat mencari sebuah proyek yang dibuat oleh orang,ketika kita ngebid dan di approve oleh owner projek maka kita akan terlibat dalam pembuatan proyek tersebut, adapun bayarannya tidak menggunakan rupiah tetapi dolar menarik bukan ? ya, tapi agak sulit memang untuk memasuki freelancer.com kita harus mengikuti berbagai tes untuk mendapatkan reputasi tambahan dari freelancer.com sehingga ketika owner projek melihat kita, akan terkesan kita adalah orang yang rajin dan memiliki kemampuan di bidangnya.
  Bisnis Adsense , ppc(pay perclick) sebuah layanan iklan dimana ketika pengunjung mengeklik iklan yang ditampilkan kita mendapatkan bagian beberapa dolar misal satu klik mendapat bagian $0.1 dollar amerika, bayangkan ketika 10000 click perhari berapa penghasilan anda ? namun anda harus memiliki kreativias tinggi untuk menarik pengunjung mengunjungi situs/blog anda sehingga kemungkinan trafik yang anda dambakan akan terwujud.
  Dampak negatif dari bisnis online,kita tidak dapat menyentuh barang yang kita mau beli,masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab mencoba mengambil keuntungan dari penjualan kita.
            Dampak positif dari bisnis onilne kita dapat bertransaksi secara cepat,bisa kerja dimanapun kita berada misal di rumah,kita lebih belajar tentang marketing itu sendiri.kita dapat mendapatkan dolar ketika kita mampu bersaing di kancah internasional.
Hasil Evaluasi
    Menurut pengalaman pribadi, untuk melakukan bisnis murah dan nyaman adalah menggunakan tekonologi marketplace , dibanding aman kita bisa memberikan keuntungan bagi orang lain ketika produk kita dijual kembali melalui dropshiper jadi teknologi marketplace menurut saya sedang booming dibanding kita menjual dan membeli web untuk kita sendiri itu sangat rugi.

Penutup
   Demikianlah penulisan tentang fungsi bisnis dan perkembangan di dunia TI , mohon maaf bila ada kesalahan penulisan.
Refrensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
https://diastrianida.wordpress.com/2014/10/11/pengaruh-teknologi-informasi-terhadap-dunia-bisnis/


0 komentar:

Posting Komentar