Artificial
Intelligence & Game Engine
Pengertian
Artificial Intelligence
adalah sebuah ilmu komputer yang menangani kasus kecerdasan buatan yang dapat
dilakukan oleh komputer.AI pada game biasanya digunakan untuk
NPC(non-player-characters) jadi NPC ini adalah dia bergerak secara otomatis
tanpa kita kendalikan sehingga NPC ini dapat di set menjadi lawan atau kawan
sehingga permainan menjadi lebih hidup tanpa harus ada player yang dapat
memainkannya,AI itu sendiri sebuah kumpulan yang mana berisikan teknik-teknik /
algoritma khusus untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.
Metode-Metode
pada AI
Metode pada AI di bagi menjadi 4 bagian
yakni:
SEARCHING,REASONING,PLANNING,LEARNING
SEARCHING,REASONING,PLANNING,LEARNING
SEARCHING
Bagaimana memecahkan suatu masalah dengan pencarian yang mendefinisikan ruang masalah untuk suatu masalah yang dihadapi,ruag masalah dapat digambarkan sebagai state dan menuju sebuah keadaan terakhir atau goal state,setelah mendefinisikan ruang masalah kita lanjut ke pendefinisian aturan produksi yang memilih metode pencarian yang tepat sehingga dapat menemukan solusi terbaik dengan usaha yang minimal.
Bagaimana memecahkan suatu masalah dengan pencarian yang mendefinisikan ruang masalah untuk suatu masalah yang dihadapi,ruag masalah dapat digambarkan sebagai state dan menuju sebuah keadaan terakhir atau goal state,setelah mendefinisikan ruang masalah kita lanjut ke pendefinisian aturan produksi yang memilih metode pencarian yang tepat sehingga dapat menemukan solusi terbaik dengan usaha yang minimal.
REASONING
Sebuah teknik penyelesaian masalah dengan cara merepresentasikan masalah ke dalam basis pengetahuan(knowledge) menggunakan logika atau bahasa formal.contohnya adalah pencarian solusi untuk permainan catur.
Sebuah teknik penyelesaian masalah dengan cara merepresentasikan masalah ke dalam basis pengetahuan(knowledge) menggunakan logika atau bahasa formal.contohnya adalah pencarian solusi untuk permainan catur.
PLANNING
Planning adalah sebuah ide atau metode yang telah dipikirkan secara detail sebelum menyelesaikan masalah / perencanaan di dalam teknik ini terdapat teknik dasar seperti Goal Stack Planning
LEARNING
Learning adalah sebuah metode dimana metode ini dapat mempelajari sebuah masalah,yang nantinya ditampung dan di ambil kesimpulan,seperti tes wawancara baik atau buruknya sebuah jawaban dari pertanyaan komputer nanti akan menilai peserta wawancara dan mendapatkan sebuah kesimpulan.
Learning adalah sebuah metode dimana metode ini dapat mempelajari sebuah masalah,yang nantinya ditampung dan di ambil kesimpulan,seperti tes wawancara baik atau buruknya sebuah jawaban dari pertanyaan komputer nanti akan menilai peserta wawancara dan mendapatkan sebuah kesimpulan.
GAME
ENGINE
Game engine merupakan
software yang dibentuk untuk menciptakan sebuah video game fungsi dari sebuah
game engine ini adalah pengerenderan grafik
2D/3D dapat mendeteksi tubrukan,fisik
dari karakter,seni suara,dan Kecerdasan Buatan.
Banyak game engine yang
sudah berkembang dikalangan mahasiswa atau pembuat game seperti UNITY,BLENDER
GAME ENGINE,OGRE,CONSTRUCT,RPG MAKER dll.
BAHASA PEMROGRAMAN PADA GAME
Bahasa pemrograman pada
game itu tergantung game engine itu sendiri jika kita ingin mengembangkan
sebuah game menggunakan UNITY maka kita dapat mempelajari C#,JavaScript,C++
karena unity mendukung bahasa yang umum dipakai dikalangan developer.
HAL LAIN PENDUKUNG GAME ENGINE
HAL LAIN PENDUKUNG GAME ENGINE
Hal lain selain sofware game
engine,pastinya kita butuh secara fisik yakni CPU/PC yang baik karena dalam
proses rendering game jika game itu 3D dan memiliki banyak objek,maka game
tersebut membutuhkan spesifikasi yang di sarankan oleh setiap-setiap game
engine.
Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/Artificial_intelligence_%28video_games%29
Suyanto,2007,Arificial Intelligence,Informatika Bandung
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/Artificial_intelligence_%28video_games%29
Suyanto,2007,Arificial Intelligence,Informatika Bandung
0 komentar:
Posting Komentar