Pages

Selasa, 28 April 2015

Artificial Intelligence & Game Engine

Artificial Intelligence & Game Engine
Pengertian

Artificial Intelligence adalah sebuah ilmu komputer yang menangani kasus kecerdasan buatan yang dapat dilakukan oleh komputer.AI pada game biasanya digunakan untuk NPC(non-player-characters) jadi NPC ini adalah dia bergerak secara otomatis tanpa kita kendalikan sehingga NPC ini dapat di set menjadi lawan atau kawan sehingga permainan menjadi lebih hidup tanpa harus ada player yang dapat memainkannya,AI itu sendiri sebuah kumpulan yang mana berisikan teknik-teknik / algoritma khusus untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.
Metode-Metode pada AI
Metode pada AI di bagi menjadi 4 bagian yakni:
SEARCHING,REASONING,PLANNING,LEARNING

SEARCHING
Bagaimana memecahkan suatu masalah dengan pencarian yang mendefinisikan ruang masalah untuk suatu masalah yang dihadapi,ruag masalah dapat digambarkan sebagai state dan menuju sebuah keadaan terakhir atau goal state,setelah mendefinisikan ruang masalah kita lanjut ke pendefinisian aturan produksi yang memilih metode pencarian yang tepat sehingga dapat menemukan solusi terbaik dengan usaha yang minimal.
REASONING
Sebuah teknik penyelesaian masalah dengan cara merepresentasikan masalah ke dalam basis pengetahuan(knowledge) menggunakan logika atau bahasa formal.contohnya adalah pencarian solusi untuk permainan catur.

PLANNING
Planning adalah sebuah  ide atau metode yang telah dipikirkan secara detail sebelum menyelesaikan masalah / perencanaan di dalam teknik ini terdapat teknik dasar seperti Goal Stack Planning
LEARNING
 
Learning adalah sebuah metode dimana metode ini dapat mempelajari sebuah masalah,yang nantinya ditampung dan di ambil kesimpulan,seperti tes wawancara baik atau buruknya sebuah jawaban dari pertanyaan komputer nanti akan menilai peserta wawancara dan mendapatkan sebuah kesimpulan.

GAME ENGINE
Game engine merupakan software yang dibentuk untuk menciptakan sebuah video game fungsi dari sebuah game engine ini adalah  pengerenderan grafik 2D/3D  dapat mendeteksi tubrukan,fisik dari karakter,seni suara,dan Kecerdasan Buatan.
Banyak game engine yang sudah berkembang dikalangan mahasiswa atau pembuat game seperti UNITY,BLENDER GAME ENGINE,OGRE,CONSTRUCT,RPG MAKER dll.

BAHASA PEMROGRAMAN PADA GAME
Bahasa pemrograman pada game itu tergantung game engine itu sendiri jika kita ingin mengembangkan sebuah game menggunakan UNITY maka kita dapat mempelajari C#,JavaScript,C++ karena unity mendukung bahasa yang umum dipakai dikalangan developer.

HAL LAIN PENDUKUNG GAME ENGINE
Hal lain selain sofware game engine,pastinya kita butuh secara fisik yakni CPU/PC yang baik karena dalam proses rendering game jika game itu 3D dan memiliki banyak objek,maka game tersebut membutuhkan spesifikasi yang di sarankan oleh setiap-setiap game engine.


0 komentar:

Posting Komentar