Pages

Jumat, 10 Mei 2013

Kebudayaan Indonesia


FILSAFAT
Pengertian filasafat di ambil dari bahasa yunani yakni philo dan sofi,philo yang berarti cinta/kecintaan dan Sophia ialah kebijakan dapat kita artikan sebagai cinta terhadap kebijakan atau kebenaran yang hakiki.berfilsafat dapat juga di artikan sebagai berpikir(merenung) terhadap suatu cara seperti metodik,sistematik,menyeluruh.

Filasafat pertama kali di cetuskan oleh phytagoras seorang ahli dan matematikawan yang menganggap bahwa intisari dan hakikat dari semesta ini adalah bilangan.banyaknya pengertian filsafat yang ada pada saat ini adalah 3 hal yang mendorong manusia untuk berfilsafat yaitu:
1.       Keheranan,adanya kata heran merupakan asal dari filsafat(berpikir).rasa keheranan itu akan menimbulkan keingintahuan.
2.       Kesangsian,menuntun pada suatu kesadaraan,akan menemukan sebuah titik pangkal yang kemudia akan lebih mengetahui.
3.       Kesadaran dan keterbatasan,manusia mulai berfilsafat pada saat lingkungan mayoritas lebih bergerak dan membuat kita dapat berpikir.

PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Kedudukan dan fungsi Pancasila harus dipahami sesuai dengan konteksnya, misalnya Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia, sebagai ideologi bangsa dan
negara Indonesia. Seluruh kedudukan dan fungsi Pancasila itu bukanlah berdiri secara sendiri-sendiri namun bilamana dikelompokan maka akan kembali pada dua kedudukan dan fungsi Pancasila yaitu sebagai dasar filsafat negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

                Pancasila terdiri atas lima sil,system tersebut adalah suatu kesatuan/bagian-bagian yang saling berhubungan dan memiliki cirri-ciri
1.       Suatu kesatuan bagian
2.       Bagian tersebut mempunyai fungsi sendiri
3.       Saling berhubungan
4.       Untuk mencapai satu tujuan
5.       Terjadi dalam hal kompleks

NILAI-NILAI PANCASILA MENJADI DASAR DAN ARAH KESEIMBANGAN ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN

                Pandangan mengenai hubungan antara manusia dan masyarakat merupakan falsafah kehidupan masyarakat.beberapa hubungan manusia yang melahirkan keseimbangan antara hak dan kewajiban antara hubungan tersebut ialah:
1.       Hubungan Vertikal
hubungan antara manusia dengan sang pencipta.
2.       Hubungan Horisontal
hubungan manusia dengan sesamanya terjadinya proses komunikasi.
3.       Hubungan Alamiah
hubungan manusia dengan sekitarnya dimana adanya makhluk hidup.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA

 
Etika merupakan bagaimana manusia dapat bersikap terhadap apa yang ada seperti ajaran dan pandangan moral,etika itu sendiri adalah ilmu membahas bagaimana kita dapat mengikuti suatu ajaran dan dapat bersikap serta bertanggung jawab.

                Nilai,Norma,dan Moral adalah konsep yang saling berkait.dalam hubungan dengan pancasila maka ketiganya akan memberikan pemahaman yang saling melengkapi. ada 2 dasar norma yang meliputi sebagai berikut:
1.       Norma Moral
yang berkatian dengan tingkah laku manusia,buruk,sopan dll.
2.       Norma Hukum
Peraturan undang-undang yang berlaku dalam suatu tempat.

PENGERTIAN  NILAI,NORMA,dan MORAL

1.       Nilai
Nilai adalah kemampuan yang ada pada suatu benda(fisik) atau manusia,adalah sifat yang melekat pada suatu obyeknya.
2.       Norma
Merupakan perwujudan martabat manusia sebagai makhluk budaya.
3.       Moral
Kesetiaan atau kepatuhan terhadap kehidupan manusia.

PANCASILA SEBAGAI NILAI FUNDAMENTAL BAGI BANGSA DAN
NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Dasar Filosofis
Dasar pemikiran filosofisnya adalah sebagai berikut : Pancasila sebagaifilsafat bangsa dan negara Republik Indonesia mempunyai makna bahwa dalam setiap aspek kehidupan kebangsaan, kemasyarakatan serta kenegaraan harus berdasarkan nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan. Titik tolaknya pandangan itu adalah negara adalah suatu persekutuan
hidup manusia atau organisasi kemasyarakatan manusia.













0 komentar:

Posting Komentar